Original Articles

MODEL AKTIVITAS PRAKTIKUM LAPANGAN BERBASIS ERGONOMI (APeLErg) MEMPERBAIKI RESPON FISIOLOGIS TUBUH, MENURUNKAN KELELAHAN, DAN MENINGKATKAN KINERJA, DIBANDINGKAN DENGAN MODEL LAMA (APeL), PADA MAHASISWA FMIPA UNIMA

Rolles Palilingan , Adnyana Manuaba, Nyoman Adiputra, Alex Pangkahila

Rolles Palilingan
. Email: rollespalilingan@yahoo.com

Adnyana Manuaba


Nyoman Adiputra


Alex Pangkahila

Online First: November 26, 2012 | Cite this Article
Palilingan, R., Manuaba, A., Adiputra, N., Pangkahila, A. 2012. MODEL AKTIVITAS PRAKTIKUM LAPANGAN BERBASIS ERGONOMI (APeLErg) MEMPERBAIKI RESPON FISIOLOGIS TUBUH, MENURUNKAN KELELAHAN, DAN MENINGKATKAN KINERJA, DIBANDINGKAN DENGAN MODEL LAMA (APeL), PADA MAHASISWA FMIPA UNIMA. Indonesia Journal of Biomedical Science 3(1).


Aktivitas praktikum lapangan merupakan kegiatan yang dilakukan sebagaiimplementasi kurikulum akademik di Jurusan Fisika FMIPA UNIMA. Sebagaiimplementasi kurikulum tersebut telah dibuat model aktivitas praktikum lapangan (modelAPeL) dan telah digunakan sejak tahun 2001. Namun model APeL ternyata menimbulkanrisiko yang merugikan bagi mahasiswa dilihat dari respon fisiologis dan kelelahansehingga mahasiswa belum dapat mencapai kinerja yang diharapkan. Untuk itu telahdiupayakan dengan penerapan pendekatan ergonomi total (PET) suatu model baru yaitumodel APeLErg. Untuk menguji keandalan model APeLErg dibandingkan dengan modelAPeL, telah dilakukan penelitian dengan hipotesis: model APeLErg, dibandingkan denganmodel APeL; memperbaiki respon fisiologis tubuh; menurunkan kelelahan; danmeningkatkan kinerja mahasiswa di daerah dataran rendah/panas dan di daerah datarantinggi/dingin. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap dengan menggunakan rancangansama subjek. Penelitian pada tahap pertama dilakukan di daerah panas denganmenggunakan 15 orang subjek sedangkan penelitian tahap kedua di daerah dinginmenggunakan 18 orang subjek. Hasil penelitian tahap I dan tahap II menunjukkan bahwaaktivitas dengan model APeLErg dapat: memperbaiki respon fisiologis mahasiswa secarasignifikan (p<0,05); menurunkan rata-rata skor kelelahan umum secara signifikan(p<0,05); meningkatkan kecepatan, kekonstanan dan ketelitian mahasiswa secarasignifikan (p<0,05); dan meningkatkan kinerja mahasiswa secara signifikan (p<0,05). Darihasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model APeLErg dapat: memperbaiki responfisiologis mahasiswa; menurunkan tingkat kelelahan mahasiswa; dan meningkatkankinerja mahasiswa dalam melakukan aktivitas praktikum lapangan.
No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 10
PDF Downloads : 4